Dari Umar Radhiallahu 'anh juga dia berkata : Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam) seraya berkata: " Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?", maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam : " Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada Ilah (Tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu ", kemudian dia berkata: " anda benar ". Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang membenarkan. Kemudian dia bertanya lagi: " Beritahukan aku tentang Iman ". Lalu beliau bersabda: " Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk ", kemudian dia berkata: " anda benar". Kemudian dia berkata lagi: " Beritahukan aku tentang ihsan ". Lalu beliau bersabda: " Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau" . Kemudian dia berkata: " Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)". Beliau bersabda: " Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya ". Dia berkata: " Beritahukan aku tentang tanda-tandanya ", beliau bersabda: " Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) berlomba-lomba meninggikan bangunannya ", kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar. Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: " Tahukah engkau siapa yang bertanya ?". aku berkata: " Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui ". Beliau bersabda: " Dia adalah Jibril yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian ".(Riwayat Muslim)
A. MARAJI'UL HADITS (REFERENSI HADITS)
1.Shahih Muslim, Kitabul Iman. Hadits Nomor 8.
2.Sunan At-Tirmidzi, Kitabul Iman, Hadits Nomor 2738.
3.Sunan Abu Dawud, Kitabus Sunnah, Bab Al-Qadr, Hadits Nomor 4695.
4.Sunan An-Nasa'I, Kitabul Iman, Bab Na'tul Islam: 8/97.
B. AHAMMIYATUL HADITS (URGENSI HADITS)
Ibnu Daqiq Al'id berkata, "Hadits ini sangat penting meliputi semua amal perbuatan, yang dhahir dan batin, bahkan semua ilmu Syari'at mengacu padanya, karena memuat segala hal yang ada dalam semua hadits, bahkan seakan menjadi Ummus-Sunnah (Induk bagi hadits), sebagaimana surat Al-Fatihah disebut Ummul Qur'an karena ia mencakup seluruh nilai-nilai yang ada dalam al-Qur'an.
Hadits itu mutawatir karena diriwayatkan dari 8 Sahabat ra: Abu Hurairah ra, umar ra, Abu Dzar ra, Anas ra, Ibnu Abbas ra, Ibnu Umar ra, Abu 'Amir, Al-Asy'ari, dan Jarir Al-Bajali ra.
C. FIQHUL HADITS (KANDUNGAN HADITS)
Dalam hadits tersebut di atas terdapat beberapa isi kandungan yaitu:
1.Memperbaiki pakaian dan penampilan.
Ketika hendak masuk masjid dan akan menghadiri majelis ilmu, disunnahkan memakai pakaian yang rapih, bersih dan memakai minyak wangi. Bersikap baik dan sopan di majelis ilmu dan dihadapan para ulama adalah prilaku yang sangat baik, karena jibril saja dating kepada Nabi Muhammad saw dengan penampilan dan sikap yang baik.
2.Definisi Islam
يَا مُحَمَّد أَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِسْلاَمِ
" Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?
Secara etimologi, Islam berarti tunduk dan menyerah sepenuhnya pada Allah SWT, secara terminologi, adalah agama yang dilandasi oleh lima dasar, yaitu:
1)Syahadatain.
2)Menunaikan shalat wajib pada waktunya, dengan memenuhi syarat, rukun dan memperhatikan adab dan hal-hal yang sunnah.
Adapun Makna: وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ" engkau mendirikan shalat" ini seakan-akan shalat merupakan suatu bangunan yang kokoh, di dalam bangunan tersebut orang itu tinggal, bermunajat, berdialog dengan Allah dan berikrar dengan mengucapkan:
"Hanya Engkaulah yang kami sembah,dan Hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan"
Dengan ikrar ini, ia mengakui ke-Esaan Allah, karena Dial ah yang mempunyai hak Ubudiyah, yaitu hak untuk disembah dan diibadahi, dan orang itu berikrar bahwa hanya kepada-Mu lah kami menyembah / mengabdikan diri.
3)Mengeluarkan zakat.
4)Puasa di bulan Ramadhan.
5)Haji sekali seumur hidup bagi yang mampu, mempunyai biaya untuk pergi ke tanah suci dan mampu memenuhi kebutuhan keluarga yang ditinggalkan. Allah berfirman:
"Kalau engkau mampu mendapatkan jalan ke sana"
Ini berarti kalau ada jalan yang aman, tidak dalam keadaan perang dan sebagainya, juga bila ongkos-ongkos dan semua fasilitas tersedia, badan sehat dan sebagainya.
3.Definisi Iman
قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ
" Kemudian dia bertanya lagi:" Beritahukan aku tentang ihsan…?"
Secara etimologi, Iman berarti 'Pengakuan atau pembenaran'. Secara terminologi, berarti 'pembenaran dan pengakuan' yang mendalam akan:
1)Adanya Allah swt, Pencipta alam semesta yang tidak mempunyai sekutu apapun.
2)Adanya makhluk Allah swt. yang bernama Malaikat. Mereka adalah hamba Allah yang mulia, tidak pernah melakukan maksiat dan slalu menuruti perintah-Nya. Mereka diciptakan dari cahaya, tidak makan, tidak berjenis (laki-laki ataupun wanita), tidak mempunyai keturunan dan tidak ada yang tahu jumlahnya kecuali Allah swt.
3)Adanya kitab-kitab samawi yang diturunkan Allah swt dan meyakini bahwa kitab-kitab tersebut (sebelum diubah dan diselewengkan manusia) merupakan syar'iat Allah.
4)Adanya rasul-rasul yang telah diutus Allah, yang dibekali dengan kitab samawi, sebagai perantara untuk memberikan hidayah pada umat manusia. Meyakini bahwa mereka adalah manusia biasa yang diistimewakan dan ma'shum (terjaga dari segala dosa).
5)Adanya hari Akhir. Pada hari itu Allah membangkitkan manusia dari kuburnya, lalu diperhitungkan seluruh amal perbuatannya. Amal perbuatan yang baik akan dibalas dengan kebaikan, dan amal perbuatan yang buruk dibalas dengan keburukan.
6)Adanya Qadha dan Qadar. Artinya, apapun yang terjadi pada alam semesta inii merupakan ketentuan dan kehendak Allah semata, untuk satu tujuan yang hanya diketahui-Nya.
Inilah rukun-rukun Iman. Siapapun yang meyakini, maka ia akan selamat dan beruntung, dan barangsiapa yang menentangnya maka ia akan sesat dan merugi, Allah swt, berfirman
"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada Kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya (Muhammad saw), serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya". (Qs.An-Nisa: 136).
4.Islam dan Iman
Melalui penjelasan di atas maka kita pahami bahwa Iman dan Islam dalah dua hal yang berbeda, secara etimologi maupun secara terminologi. Pada dasarnya, jika berbeda nama tentu berbeda makna. Meskipun demikian, tidak jarang dipergunakan dengan arti yang sama, Islam berarti Iman, dan sebaliknya. Keduanya saling melengkapi. Iman sia-sia tanpa Islam, demikian juga sebaliknya.
Kemudian dia berkata lagi: " Beritahukan aku tentang ihsan…? Lalu beliau bersabda: " Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau"
Ihsan adalah ikhlas dan penuh perhatian. Artinya sepenuhnya ikhlas beribadah hanya kepada Allah dengan penuh perhatian sehingga seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika tidak mampu, maka ingatlah bahwa Allah senantiasa melihatmu dan melihat apapun yang ada pada dirimu.
Hadits ini memberitahukan kepada kita bahwa bila anda lalai dalam shalat atau dalam ibadah lainnya, maka Allah melihat anda. Dan ketahuilah ibadah yang terbaik ialah kalau apa yang anda lakukan itu dan tahu, sadar bahwa Allah ada di samping anda dan melihat anda.
Kemudian dia berkata: " Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)". Beliau bersabda: " Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.
Tibanya hari Kiamat adalah rahasia Allah swt. tidak satu pun makhluk mengetahuinya, baik malaikat maupun Rasul. Karenanya, Nabi saw bersabda kepada Jibril, "Tidaklah yang ditanya lebih tahu daripada yang bertanya." Meskipun demikian, NabiMuhammad saw. Menjelaskan sebagian tanda-tandanya, antara lain:
·Krisis moral, sehingga banyak anak yang durhaka kepada orang tuanya, mereka memperlakukan orang tuanya seperti perlakuan tuan terhadap budaknya.
·Kehidupan yang jungkir balik. Banyak orang bodoh menjadi pemimpin, pemberian wewenang kepada orang yang tidak mempunyai kemampuan, harta melimpah, manusia banyak yang berlaku sombong dan foya-foya, bahkan mereka berlomba dan saling meninggikan bangunan dengan penuh kebanggaan. Mereka berlaku congkak pada orang lain, bahkan mereka seakan ingin menguasainya.
Dia berkata: " Beritahukan aku tentang tanda-tandanya ", Beliau bersabda: " Jika seorang hamba melahirkan anak tuannya….
Maksudnya kaum muslim kelak akan menguasai negeri-negeri kafir sehingga banyak tawanan, maka budak-budak perempuan banyak yang melahirkan anak tuannya dari anak ini akan menempati kedudukan sebagai majikan karena kedudukan bapaknya.
7.Etika bertanya.
Seorang muslim, akan menanyakan sesuatu yang membawa manfaat bagi dunia dan akhiratnya. Ia tidak akan menanyakan hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat. Bagi orang yang menghadiri sebuah majlis ilmu lalu ia melihat bahwa audiens ingin mengetahui satu hal. Ternyata hal tersebut belum ada yang menanyakan, maka sepatutnya ia menanyakan meskipunia sudah mengetahuinya agar orang-orang yang hadir bisa mengambil manfaat dari jawaban yang diberikan.
Orang yang ditanya tentang suatu hal, dan ia tidak mengetahui jawabannya, hendaknya ia mengakui ketidaktahuannya agar tidak menjerumus pada hal-hal yang tidak mengetahuinya.
8.Metode Tanya jawab.
Pendidikan modern pun mengakui bahwa metode Tanya jawab adalah metode pendidikan yang relatif berhasil, karena memberikan tambahan semangat pada diri pendengar untuk mengetahui jawaban yang akan diberikan. Metode ini sering dipergunakan Rasulallah saw. Dalam mendidik generasi Shabat ra.
KESIMPULAN
Dari hadits yang ke-dua dari Arba'in Nawawi, diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kata Islam dan Iman memiliki perbedaan baik secara lughah (bahasa) maupun secara syar'i, bila dilihat dari asal pengertian dari dua kata tersebut. Akan tetapi dalam pengertian syar'i terkadang satu kata telah mengandung dua makna yang lain dan sebaliknya. Poin yang paling penting dalam hadis hadits ke-dua ini adalah penjelasan tentang Islam, Iman dan Ihsan serta wajibnya mengimani kekuasaan Allah swt.
DAFTAR PUSTAKA
Muhyiddin Mitsu, Musthafa Dieb Bugha,Dr. Al-Wafi Fisyarh Kitab Arba'in An- Nawawiyah, (Damaskus-Beirut: Daar Ibnu Katsir 1998),Cet. Kesepuluh.
Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur`an (I PTIQ) Jakarta
Institut Ilmu Al-Qur`an (IIQ) Jakarta
PENDAHULUAN
Sejarah perjalanan panjang organisasi mahasiswa Jawa Barat, Banten dan sekitarnya di Jakarta yang mendeklarasikan diri pada tanggal 20 Mei 1987 dengan mengusung nama besar Korps Mahasiswa Penghafal dan Pengkaji Al- Qur’an yang disingkat KOMPPAQdi kampus IPTIQ – IIQ Jakarta, tidak lepas dari sejarah terbentuknya GALURA PARAWITA (Forum Mahasiswa Jawa Barat) di wilayah Pasar Jum’at Jakarta Selatan pada tanggal 09 Februari 1986. Dalam perjalanannya sebagai organisasi, KOMPPAQ yang telah berganti nama dari GALURA PARAWITA medio 80-an mampu eksis dan telah berkiprah di panggung percaturan kehidupan organisasi di dalam maupun di luar organisasi. Terbukti dengan terselenggarakannya seminar berskala Nasional dengan mengusung Grand Tema ”Pro Kontra Teologi Syi’ah dan Sunni” yang di susul kemudian dengan Seminar Sehari bertajuk ”Pro dan Kontra Gerakan Islam di Indonesia”, ini merupakan salah satu program yang apresiatif sebagai jawaban dari kencangnya kedua wacana tersebut yang ketika itu di khawatirkan berbagai pihak akan terjadinya kesalahpahaman masyarakat Indonesiapada khususnya yang berakhir dengan timbulnya konflik sectarian dan berujung kepada pecah- belahnya persatuan dan bangsa. Begitupun pada tahun- tahun kepengurusan berikutnya hingga pada periode kepengurusan 2006- 2007 yang telah sukses mengadakan BHAKTI SOSIAL dan LOKAKARYA dengan tema ”Reaktualisasi Nilai- nilai ke Al- Qur’anan Menuju Jawa Barat Sebagai Propinsi termaju di Indonesia tahun 2010”yang bertempat di cirebon selama lima hari di akhir kepengurusannya, itu sebagai bukti kepedulian kami akan daerah asal kelahiran kami yang pada akhirnya kami akan pulang kembali dengan rasa bangga sebagai Putra dan Putri daerah.
Dasar Pendidirian Organisasi adalah :
·Penghimpunan elemen Mahasiswa Jawa Barat, Banten dan sekitarnya yang ada di Jakarta.
·Bacaan atas kondisi Masyarakat yang cenderung Individualistik, Materialistik.
·Menggali dan Transformasi nilai-nilai Agama kedalam kehidupan nyata secara kontekstual.
·Ikut serta dan aktif menjawab peroblem masyarakat dan negara.
VISI ORGANISASI :
·Terwujudnya masyarakat yang memiliki tingkat kepedulian sesama yang tinggi.
MISI ORGANISASI :
·Melakukan upaya kerja nyata dalam bentuk penyadaran, sekaligus ikut serta membenahi pola kehidupan mayarakat.
·Membina kualitas pribadi anggota yang berwatakkritis dan dinamis.
·Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya tradisi keilmuan khususnya di bidang ke Islaman dan ke Al- Qur’anan.
·Menumbuh kembangkan rasa persaudaraanantar warga negara.
KOMPPAQ kami berdiri didalam kampus Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (I-PTIQ) dan Institut Ilmu Al-Qur'an, sebagai organisasi daerah yang merupakan wadah keluarga paguyuban mahasiswa dan mahasiswi warga Jawa Barat dan Banten yang ada di I-PTIQ-IIQ Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar